25 September 2009

TV SAMSUNG SHORT RGB

Hari ini saya dapat kerusakan tv yang menyerupai tv PANASONIC TC-2088 MNB dengan tampilan layar warna putih tajam dengan bergaris-garis,saya pikir tv tersebut tidak ada tegangan 180v ternyata tidak saya cek bagus aja akirnya saya cari penyebabnya setelah saya hidupkan kenapa di dalam leher CRT ada nyala terang tapi bukan filamen yang nyala,waduh bingung sudah saya coba lepas soket CRT kok gak ada setelah saya pasang nyala lagi,akirnya saya ukur tegangan RGB pada sokek CRT ada satu kejanggalan di salah satunya,akirnya saya pastikan tabung rusak padahal tv belum ada 1thn bilang si empunya, dengan sistim lepas TR penguat vidio akirnya bisa saya pastikan kalau salah satu dari RGB short.mau saya terapkan kayak sistim panasonic takut tambah rusak.akirnya saya menggunakan sistim yang baru untuk menghilangkan short RGB dimana yg bermasalah itu yg saya lakukan.langka awal saya siapkan power suply dengan tegangan 9v,tancapkan kontak negatip ke GND dan yang positip ke soket CRT yg bermasalah pada waktu memasukan tegangan ke CRT, di RGB yg bermasalah akan menyala setelah itu mati ,kalau kita teskan di RGB yg normal tidak ada nyala api di dalamnya.setelah selesai di lakukan seperti di atas lalu saya hidupkan tvnya langsung oke.ini aja yg bisa aku sajikan mudah2an bermanfaat .

4 komentar:

  1. Mas Tegangan 9 Volt nya DC atau AC ?

    BalasHapus
  2. mas..edi mohon maaf kmrn gak sy cantumkan dc-ac nya.yg saya gunakan power sapply matahri 6 amper.jadi tggnya dc.

    BalasHapus
  3. makasih infonya kang hari.... ditunggu artikel selanjutnya

    BalasHapus